Kamis, 08 September 2016

Sekilas Tentang Teknisi Komputer

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang perbaikan komputer. Siapa sih yang tidak kenal dan tidak dapat menggunakan komputer atau laptop pada saat sekarang ini? Dalam menggunakan atau mengoperasikannya mudah saja, namun apabila terjadi trouble atau kerusakan siapa yang akan membenahinya? Anda atau Teknisi?
Pada saat ini  Hardware PC Training (Teknisi Komputer) sangat banyak penyelenggaranya baik dari tingkat dasar hingga tingkat advanced. Selain melakukan pertemuan dengan memberikan pembahasan materi namun juga sekaligus memberikan praktek langsung bagi para peserta training tersebut yang juga sudah tentu dipandu oleh Instruktur pelatihan yang handal pula. Adapun jumlah biaya yang harus di kocek dari kantong tentu sangat bervariatif untuk mengikuti kursus komputer hardware dan software komputer ini. Demikian pula durasi dari penyelenggaraan pelatihan/kursus teknisi ini berbeda-beda penyelenggaraannya tergantung dari pada lembaga yang menyelenggarakannya.
Adapun target pelatihannya adalah agar para peserta kursus mampu untuk menjadi seorang teknisi komputer yang profesional, selain memperbaiki namun juga mampu untuk merakit sebuah komputer PC, Instalasi O.S dan Software yang dibutuhkan oleh pengguna, mengatasi kerusakan yang terdapat pada komputer serta memperbaikinya (troubleshooting), melakukan penyelamatan data dari komputer/laptop yang tengah mengalami masalah, mampu melakukan instalasi dan konfigurasi jaringan kpmuter yang berbasis kabel (wired) maupun nirkabel (wireless), ICS (Internet connection sharing), dalam hal ini teknisi dapat melakukan pembagian koneksi internet yang ada di suatu jaringan komputer serta troubleshootnya. Seorang peserta juga diajar untuk melakukan kalkulasi biaya terhadap pembuatan/perakitan suatu komputer PC.
Pada umumnya materi yang diberikan didalam penyelenggaraan pelatihan/training/krsus teknisi komputer ini berupa :
1. Dasar Elektronika, didalam materi ini diajarkan kepada peserta untuk dapat mengetahui daripada komponen-komponen elektronika yang ada dan banyak terdapat didalam komputer PC maupun Laptop.
2. Memperkenalkan bagian atau komponent yang ada didalam suabuah komputer PC atau Laptop seperti Motherboard, Processor, Hard Disk, RAM dan lain-lainnya dengan menjelaskan fungsinya masing-masing.
3. Materi berikutnya adalah pemilihan Casing, Motherboard, RAM, Processor, Graphics Card, Network Interface Card (NIC) dan sebagainya yang tepat sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh calon pembeli komputer.
4. Pada sesi materi berikutnya adalah selain mendapatkan teori namun juga sekaligus praktik untuk melakukan perakitan sebuah komputer PC. Mulai dari pemasangan mainboard pada Casing, pemasangan RAM, Video Graphic Card, Power Supply dan sebagainya.
5. Setelah seluruh hardware terpasang secara benar dan setting Bios yang sesuai maka pada proses selanjutnya adalah melakukan  proses pembuatan patisi pada sebuah Hardisk , adapun jumlah partisi sesuai dengan kebutuhan dan setelah itu dilakukan format atas hardisk tersebut.
6. Pada materi selanjutnya adalah melakukan instalasi system operasi yang dibutuhkan apakah itu Linux atau Windows Operating System yang kemudian dilanjutkan dengan menginstal  Application Program sesuai kebutuhan dan kemampuan dari komputer PC/Laptop tersebut.
7. Agar Sistem Operasi (O.S) dapat membaca dengan baik hardware yang terpasang pada suatu komputer PC/Lapto maka dilakukan instalasi Driver dari Motherboard serta perangkat keras lainnya seperti Graphic Adapet, NIC, Ethernet Card dan sebagainya.
8. Materi Troubleshooting on the motherboard, Processor, Hard Disk, RAM, OS Windows ini untuk dapat Dapat mendiagnosa dan mengatasi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada sistem komputer PC, baik secara hardware maupun software dan solusinya.
9. Anti-virus and exposed Virus Update File Recovery, Data Backup and troubleshooting procedures, Recovery of data on the hard disk is damaged pada materi ini diharapkan para peserta kursus/pelatihan mampu untuk mengatasi apabila suatu perangkat komputer terjangkit suatu virus dengan membersihkannya dengan menggunakan Anti Virus yang ada, apabila terjadi masalah sebelum dilakukan perbaikan hendaknya dilakukan backup data maupun system operasi dan aplikasi yang ada serta bagaimana cara untuk merecovery data yang ada pada sebuah hardisk yang tengah mengalami kerusakan.
10. Computer Troubleshooting using Software, materi ini memberikan pengajaran tentang bagaimana melakukan berbagai  perbaikan dengan menggunakan software yang ada pada saat ini.
11. Isi materi daripada Calculate the cost of computer assembly, adalah agar peserta kursus/pelatihan mampu melakukan perhitungan biaya atas perakitan sebuah komputer PC.
12, Introduction of System and Network Security, Setting TCP/ IP ini adalah materi yang berkaitan dengan pengenalan jaringan komputer dan keamanan dari suatu jaringan serta melakukan setting pada TCP/IP agar antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat terhubung antara satu sama lainnya atau dengan sebuah server atau peripheral lainnya dalam suatu jaringan serta memiliki akses keluar jaringan yakni dapat terkoneksi dengan jaringan internet.
Adapun lapangan kerja sebagai teknisi komputer itu sendiri sangatlah luas kesempatannya untuk bekerja di berbagai perusahaan lokal maupun asing, maupun institusi pemerintahan. Selain daripada itu jika ada ketercukupan modal suatu hal yang tidak mungkin dapat menjalankan usaha jual beli peralatan komputer dan menerima service komputer di tempat anda berdomisili.

Edwin Arief, S.IP, CCNA

0 komentar:

Posting Komentar