Selasa, 25 Oktober 2016

Cara Mengatasi Tipe Masing-Masing Karakter Anak

Kata orang, terutama orang tua dan pendidik,
begitu repot dan susahnya menangani anaknya, mengapa ini bisa terjadi dan harus apa yang harus dilakukan dengat tepat mengatasi prilaku anak. Sebagai contoh kadang kala anak merasa cemas apa hendak lakukan orang tua. Anak murung, malas, bandel dan sebagainya pada saat-saat inilah anak membutuhkan penanganan dari orang tua atau pendidik. Tak sedikit orangtua atau pendidik yang tahu cara-cara menghadapi ketika anak membutuhkan perlindungan, arahan, belaian kasing sayang, perhatian dan sebagainya.

Contoh ada anak memiliki tipe pemarah apa yang harus dilakukan apakah harus dilawan dengan marah, anak yang tipe nya lemah lembut apakah dikasar dan dipaksa. Nah sebab itu, tentunya sebagai pendidik atau pembimbing memahami dan mengerti tipe kepribdaian anak tersebut dan bagaimana mengahdapinya. Seperti yang katakan dalam bukunya Florence Litteur, penulis buku terlaris “Personality Plus”pola watak manusia dibagi 4 :  
yaitu sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. Berikut penjelasannya dan cara menghadapinya.

Pertama, Tipe kepribadian Sanguinis,
Tipe ini meliki ciri suka dengan hal yang praktis-praktis, senang dan riang selalu, suka kejutan, senang dengan kegiatan sosial.

Cara Untuk menghadapi tipe ini cobalah kenali kesulitannya dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ketahui bahwa tipe ini sukanya berbicara tanpa berpikir dahulu, sehingga terkadang bicaranya menyinggung perasaan orang lain, tetapi sebenarnya dia hanyalah sekedar bercanda dengan lisannya, makanya harus pandai-pandai menyikapinya. Sadari tipe ini juga suka variasi artinya tidak monoton dan suka fleksiblitas.

Bantulah ia agar tidak menerima lebih dari yang mereka bisa lakukan, pujilah jika ia mendapatkan prestasi atau sesuatu yang diraihnya. Yang perlu diketahui adalah tipe Sangunis ini mudah emosi maka perlu hati-hati dengan perasaan yang halus. Berikanlah reward jika ia mendapatkan suatu prestasi atau event-event tertentu contoh saat ulang tahunnya.

Kedua , tipe kepribadian Melankolis
Melankolis: suka yang detail atau hal yang rinci, menyimpan kemarahan, sempurna, suka dengan kegiatan rutin, suka intruksi yang jelas.
Cara Untuk mengahdapi tipe ini lakukan strategi dengan persiapan matang dan berencana, buat catatan, sajikan dengan detail, sajikan dengan data dan fakta. Oleh karena ketahuilah bahwa tipe melankolis ini sangat sensitif perasaannya dan mudah sakit hati, makanya penuh dengan hati-hati jangan sampai menyinggung perasaanya gunakan dengan hati.

Motivasi mereka saat mereka kurang optimis atau kurang yakin sehingga akan muncul percaya diri. Jangan sampai dia tertekan pujilah dengan rasa tulus dan penuh kasih sayang, berilah kesempatan jika memang dia ingin lagi sendirian, tepatilah janjinya sesuai harapannya. Karena tipe ini sukanya tepat waktu. Dan perlu diperhatikan bahwa tipe melankolis hindari terlalu akrab dengannya, jangan merubah rencana yang telah matang, jangan berubah-rubah janji yang telah disepakati. Hindari dari perkataan asal bunyi bagi mereka tidak suka. 


Ketiga , Tipe Koleris,
perlu kita ketahui bahwa  tipe kepribadian ini dirinya suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bebas.
Cara menghadapi tipe ini lakukan langsung apa yang diinginkan atau langsung to the point, fokus dalam pembicaraan, bicara dengan simple artinya singkat padat dan tepat. Juga perlu diketahui bahwa tipe Koleris ini memang berbakat memimpin, jika berbicara memiliki anggapan biasanya ia selalu benar, berilah dan membagi tanggung jawab, kadang kala tidak belas kasihan, kadang berbicara tetapi tidak memiliki maksud menyakiti. Jangan mengabil alih darinya. Hindari menggunakan perasaan dan hindari fleksible dan lunak.

Keempat, Phlegmatis
Pribadi yang memiliki tipe ini mereka suka kerjasama, menghidari konflik atau senang dengan ketenangan dan kedamaian, tidak suka perubahan secara mendadak, suka hal-hal yang pasti, lawan bicara yang enak.

Cara menghadapi tipe Phlegmatis ini  berkomunikasilah dengan sabar dalam menangani urusannya,  tanyakan kesukaannya apa, berilah waktu untuk menjawab jika ada pertanyaan atau pikiran yang ada padanya. Jangan sekali-kali menghianati mereka dalam hal kebaikan, jangan memaksa atau menekan untuk melakukan secara spontan, jangan memotong pembicaraannya. Mereka membutuhkan dorongan secara langsung, karena sering kali menunda-nunda pekerjaannya oleh karena perlu dibutuhkan kontrol untuknya. Sedikit di paksa untuk membuat keputusan dalam hal sesuatu. Berikanlah dorongan untuknya menerima tanggung jawab yang diembannya.

Pahami dan jadilah pendidik atau orang tua yang mengerti akan kepribadian anak dengan memahami tipe-tipe diatas. Dengan paham akan tipe-tipe tersebut mudah dan indah dalam menghadapi berbagai tipe anak Anda. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar