Sabtu, 10 September 2016

MUSIBAH MEMBAWA AMPUNAN


Musibah menghapus dosa . . Tatkala kita mengetahui besarnya jumlah utang kita .
Dan kita mengetahui pula bahwa jumlah aset kita tidak cukup untuk melunasinya .
Bahkan kalau kita mempekerjakan diri kita dan keluarga kita untuk menebus hutang .
Maka kita tergolong orang yang bangkrut, pailit. . sekarang coba bayangkan, dalam setiap harinya, berapa banyak dosa yang kita lakukan .
Kita tidak pernah menghitungnya, kalau amal kebajikan insyaAllah dihitung… . sebagian tidak merasa berbuat dosa, karena memang ia tidak mengetahui mana yang dosa dan mana yang bukan… .
Lepas dari semua itu, Allah, Ar Rahman Ar Rahiem… . Yang Mahamengetahui dengan segala kekurangan hambanya, telah membuat suatu sistem pelunasan dosa yang sangat indah… .
Yaitu, dengan menurunkan berbagai macam musibah . “Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih , kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya.”
(HR. Bukhari no.5641 dan Muslim no. 2573) .
Jadi yang lagi sakit, pada hakekatnya dia sedang melunasi hutang-hutangnya .
Maka tiada kata yang lebih pantas diucapkan pada waktu itu kecuali bersyukur kepada Allah Salah satu ulama’ salaf berkata: “Andai kata bukan karena musibah-musibah dunia, niscaya kita akan datang pada hari kiamat dalam keadaan bangkrut”. .
Bagi yang sedang dapat musibah… Saatnya menjadikan musibah itu sebagai ladang pelunasan dosa… . Dengan menata hati .
Bersabar . Meridhoi takdir Ilahi . Bersyukur kepada Rabbi . Selamat mengamalkan .
.
Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar