Kamis, 08 September 2016

Sekilas Tentang Marketplace


Perkembangan teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi sangat mempengaruhi perkembangan sektor lainnya. Pada saat ini penggunaan media internet sudah merambah keberbagai kalangan masyarakat kita. Segala keperluan masyarakat berupa informasi dapat dicari dan disajikan melalui media internet.
Demikian pula halnya dalam perdagangan baik barang maupun jasa saat ini media internet saat ini merupakan tool pemasaran, perdagangan yang sangat ampuh. Bahkan bagi para pengusaha baik barang maupun jasa merupakan suatu langkah yang tertinggal apabila usaha mereka tidak memiliki situs atau blog di internet.
Perkembangan Marketplace di Indonesia sendiri berkembang sangat pesat seperti Bukalapak, OLX, Lazada, Blibli dan lainnya. Sedangkan pengertian Marketplace itu sendiri sama halnya dengan pasar yang ada di dunia nyata yaitu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli barang dan jasa di suatu tempat. Mengapa marketplace sangat diminati oleh pengusaha maupun konsumen karena dapat diakses dari mana saja di penjuru dunia ini dan selalu buka selama 24 jam penuh, beda halnya dengan toko offline yang memiliki keterbatasan waktu dan tempat serta demikian pula dengan pengunjungnya.
Para konsumen dibuat senyaman mungkin dan seaman mungkin oleh penyelenggara Marketplace serta menyediakan berbagai barang kebutuhan yang berkualitas sehingga calon konsumen dapat memilih barang secara selektif  seperti dapat melihat informasi produk, desain, harga yang kompetitif serta dapat membandingkannya pula dengan marketplace lainnya terhadap barang dan jasa yang sama. Dalam menarik minat dan ketertarikan konsumen disediakan juga program-program tertetu seperti adanya diskon terhadap barang dan jasa yang ditawarkan, bekerja sama dengan pihak bank dalam memberikan kemudahan dalam pembayaran dan sebagainya.
Marketplace bagi produsen ini adalah merupakan suatu tempat yang strategis bagi pemasaran produk mereka secara online dan merupakan toko virtual bagi mereka serta juga dalam melakukan proses pengenalan produk dan penjualan produk tanpa harus memiliki situs/website sendiri, bahkan banyak pebisnis meski telah memiliki situs/website tetap bergabung dengan Marketplace dalam rangka perluasan usahanya untuk memperkenalkan dan penjualan produknya.
Dalam melakukan transaksi di marketplace dapat dilakukan berbagai cara dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi guna kenyamanan berbagai pihak yang terkait dengan transaksi tersebut. Adapun cara bertransaksi tergantung yang dipersyarakat oleh masing-masing Marketplace yang ada saat ini. Selain dalam kemudahan dan kenyamanan bertransaksi, juga fasilitas pengiriman produk dari pebisnis kepada konsumen menggunakan jasa kurir yang sangat dipercaya, bahkan semua piihak yang terkait dengan proses jual beli suatu barang dapat melakukan tracking terakhir sampai dimana terakhir keberadaan barang tersebut berada. Apakah masih dalam proses pengiriman, dalam perjalanan, sudah diterima dan sebagainya. Demikian pula diatur sedemikian rupa apabil terjadi perselisihan antara pebisnis dan konsumen apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya barang rusak, barang tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi dan sebagainya serta menghasilkan win win solution bagi pihak terkait dalam transaksi di Marketplace.
Keterkaitan antara Marketplace dengan pengusaha kecil dan menengah adalah Marketplace ini adalah merupakan saran yang efektif didalam memasarkan produk yang mereka jual. Namun dalam hal ini masih memerlukan edukasi serius lebih lanjut bagi para pelaku pasar baik kecil dan menengah mengenai Marketplace ini. Seperti dengan memberikan informasi bahwa dengan memiliki suatu tempat di marketplace maka para konsumen sudah tidak perlu lagi datang ketempat mereka secara langsung, luasan konsumen tidak hanya lokal bahkan internasional karena marketplace yang ada dapat diakses dari berbagai negara di penjuru dunia ini.
Bagi para konsumen selain langsung menuju suatu marketplace tertentu untuk menjadi produk yang dibutuhkan namun juga dapat terlebih dahulu melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya dan pada akhirnya produk yang dibutuhkan mengarah kepada Marketplace tertentu.
Sebagai copywriter multiproduk dari usaha kecil (UKM), saya melihat banyak sekali produk yang bermutu dan memiliki tingkat kompetitif yang tinggi namun setelah mereka melakukan produksi kemudian bingung mau dipasarkan kemana agar produk tersebut laku keras dipasaran atau untuk meningkatkan omzet. Sedangkan disisi lain banyak konsumen membutuhkan suatu produk namun entah kemana juga mereka harus mencari untuk mendapatkannya. Sehingga menurut penulis Marketplace adalah salah satu sarana yang tepat untuk mewujudkannya.
Selanjutnya bagaimana mencari Marketplace yang cocok untuk pemasaran produk Anda? Karena Marketplace ibaratnya suatu Mall yang ada didunia nyata. Untuk itu carilah marketplace memiliki traffic yang tinggi atau dalam bahasa keseharian adalah ramai pengunjungnya. Selain ramai pengunjung namun juga memiliki ramai pembeli atau transaksi yang dilakukan di Marketplace tersebut. Dalam rangka menjaring pengunjung pihak pengelola dan penjual prosuk dapat bekerjasama dalam melakukan proses iklan menarik di media internet sehingga dapat menarik traffic pengunjung ke Marketplace tersebut dan berujung pada terjadi proses transaksi. Dalam kemudaha bertransaksi juga merupakan salah satu faktor penting bagi pemilihan Marketplace yang anda butuhkan, dimana mekanisme bertransaksi dan peraturan yang jelas dan menjaga keamanan dalam bertransaksi adalah merupakan suatu hal yang penting didalam bertransaksi secara online. Selain daripada itu pilihlah Marketplace yang memiliki contact center yang mudah dihubungi berbagai pihak yang terkait dengan transaksi, informasi produk dan sebagainya.
Edwin Arief, S.IP, CCNA



0 komentar:

Posting Komentar