Minggu, 18 September 2016

Sholat Tepat Waktu Dapat Mencerdaskan Otak ?


Bagaimana bisa Sholat Tepat Waktu Dapat Mencerdaskan Otak ?. sholat memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat islam yang tidak bisa ditawar lagi dan konsekuensi meninggalkannya akan mendapat azab yang pedih. Sholat merupakan rukun islam yang akan ditanya pertama kali di yaumil qiyamah nanti. Sholat menjadi sarana umat islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain menjadi kewajiban, ternyata sholat yang dilakukan sebanyak 5x dalam sehari tidak hanya untuk kesucian hati dan menjadi tiang agama, tapi juga waktu pelaksanaannya dapat menjaga kebugaran tubuh serta membuat perasaan menjadi bahagia.

Waktu – Waktu Sholat
          Lalu apa sajakah rahasia yang terkandung dalam waktu – waktu sholat ?
1.             Subuh
Pada waktu subuh alam berada dalam spektrum warna biru muda yang berkesesuaian dengan kelenjar gondok. Gondok mempunyai pengaruh untuk membantu sistem metabolisme tubuh manusia. Lalu kenapa sholat subuh dilakukan pada saat sebelum matahari terbit ? karena pada saat gelap, tubuh memproduksi serotonik secara optimal. Serotonik inilah yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh di siang harinya.

2.             Dzuhur
Saat sholat dzuhur energi api akan keluar, energi itu untuk mengobati jantung dan ginjal. Saat memasuki waktu dzuhur alam berubah warna menjadi menguning, hal ini mempengaruhi perut dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3.             Ashar
Dalam gerakan sholat ashar terdapat siklus dari panas ke dingin atau yang lebih dikenal dengan terapi kandung kemih. Secara alamiah gerakan sholat ashar juga memisahkan zat – zat kimia dalam tubuh kita. Selain itu, pada waktu ashar alam berubah lagi menjadi warna oranye. Hal ini cukup berpengaruh secara signifikan pada organ tubuh yaitu prostat, rahim yang merupakan sistem produksi secara keseluruhan. Warna oranye di alam juga berpengaruh pada tingkat kreatifitas seseorang.
4.             Maghrib
Saat sholat maghrib ada energi air yang keluar pada jam 6 sore yaitu setelah terbenamnya matahari. Para pakar menyebutkan bahwa maghrib itu cocok untuk terapi ginjal.

5.             Isya’
Pada waktu isya’ alam berubah menjadi warna nila dan selanjutnya menjadi gelap. Warna ini berpengaruh pada rahasia ketentraman dan kedamaian. Dan frekuensinya sesuai dengan kontrol otak. Oleh karena itu, jika seseorang ketinggalan sholat isya’ maka dirinya akan merasa gelisah dan tidak tenang. Ketika alam diselimuti kegelapan kita dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh kita. Untuk itu kita dianjurkan untuk sholat tepat waktu karena hal itu menjadi salah satu amalan yang paling di sukai Allah SWT.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori disebutkan bahwa Ibnu Mas’ud pernah bertanay kepada Rosululloh tentang amalan apakah yang paling dicintai Allah SWT ? lalu beliau menjawab yaitu sholat tepat pada waktunya. Selain menjadi amalan yang paling disukai oleh Allah SWT, ternyata sholat tepat waktu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya bisa mencerdaskan otak. Lalu bagaimana hal demikian bisa terjadi ? selain karena di awal – awal waktu sholat terdapat energi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bila diperhatikan kejadian tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh pergerakan matahari dan perubahan lingkungan. Dan jika sholat yang dilakukan 5x sehari yang disesuaikan dengan pergerakan posisi matahari. Pergerakan inilah yang setiap harinya menyebabkan perubahan cahaya, radiasi, suhu, dan tekanan udara di setiap tempat. Sholat adalah inti dari ritual adaptasi manusia. Dikarenakan didalamnya terdapat bacaan dan gerakanyang menyehatkan, baik secara jasmani maupun rohani.
Pacu Kecerdasan
Geraka sujud dalam sholat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah – rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada diatas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.
Risetnya telah mendapat pengakuan dari Hardvard University, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika menyatakan masuk islam setelah diam – diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.[1]
Dalam islam kita dianjurkan untuk melakukan segala sesuatunya dengan disiplin dimana setiap waktunya sudah diatur. Namun seringkali kita menunda – nunda akan sholat, sehingga memberi kesempatan terjadinya pikiran yang kalut dan tidak harmonis dengan lingkungan dan terjadilah peningkatan stres. Karena ada manfaat baik jika dilakukan saat terjadi perubahan lingkungan dan ketika melakukan aktifitas dengan tekanan tinggi. Setidaknya ada 7 kecerdasan manusia yang dapat ditingkatkan dengan melakukan sholat tepat waktu. Yaitu diantaranya Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelegensi, Kecerdasan Organisasi, Kecerdasan Politik, Kecerdasan Kepemimpinan, dan Kecerdasan Interaksi sosial. Hanya dengan sholat tepat waktu kita bisa mengasah kecerdasan otak kita. nah, ternyata disamping sebagai kewajiban, ternyata sholat tepat waktu juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar