Selasa, 25 Oktober 2016

Ciri-ciri Perkembangan Anak Usia SD


Ciri-ciri perkembangan anak usia 7 tahun
Fisik:
  • Pandangan terbatas
  • Berkerja dengan kepala diatas meja
  • Mengenggam pensil (diujung)
  • Dapat menulis dengan rapi
  • Kadang-kadang tegang
  • Suka ruang yang telah ditentukan
  • Sering merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
Sosial
  • Suka menyendiri, tertutup.
  • Membutuhkan penguatan terus menerus (aman & teratur)
  • Kadang murung, sedih, merajuk, malu.
  • Merasa tidak banyak orang yang menyukainya (berubah)
  • Percaya pada guru untuk membantunya
  • Sensitif pada perasaan orang lain. Kadang suka mengadu
  • Tidak suka melakukan kesalahan
  • Kuat perasaan suka dan tidak suka
  • Menjaga kerapian meja dan lingkungan
Bahasa
  • Pendengar yg baik
  • Pembicara yg tepat
  • Suka dialog/percakapan berpasangan
  • Perkembangan kosa kata cepat
  • Tertarik cari arti/maksud kata
  • Suka sampaikan catatan kecil
  • Berminat dengan bermacam-macam simbol
Kognisi
  • Suka mengulang pelajaran
  • Butuh akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
  • Suka berkerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
  • Suka berkerja sendiri
  • Suka dibacakan
  • Suka menghapus (ingin sempurna)
  • Ingin menemukan bagaimana suatu benda berkerja
Ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun

Fisik
  • Bergerak cepat, berkerja dengan tergesa-gesa
  • Penuh dengan energi
  • Perlu pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan)
  • Kadang sedikit aneh
  • Rentang kosentrasi terbatas
  • Memiliki pandagan dekat dan jauh sama kuat
Sosial
  • Persifat sangat baik, penuh dengan humor
  • Suka berkerjasama
  • Sering “menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka.
  • Resisten (bertahan); membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
  • Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
  • Bermasalah dengan atauran dan batasan-batasan
  • Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7
Bahasa
  • Bicara aktif
  • Mendengarkan tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya
  • Melebih-lebihkan dalam bicara
  • Suka dalam menjelaskan gagasan
  • Perluasan kosa kata yang sangat cepat
Kognisi
  • Suka kegiatan kelompok
  • Suka menghasilkan sesuatu
  • Sering berkerja dengan keras/kuat
  • Mulai mahir dalam ketrampilan dasar
  • Mulai merasakan kemampuan ketrampilannya.
  • Bertambah bagus dalam melakukan operasi kongkrit.
Ciri-ciri perkembangan anak usia 9 tahun

Fisik
  • Meningkat dalam koordinasi geraknya
  • Tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
  • Sering terluka
  • Banyak mengeluh pada tubuhnya
  • Menunjukan kegelisahan dengan mengigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
Sosial
  • Sangat tinggi dalam kompetitif
  • Self aware
  • Tidak sabar
  • Sering merasa khawatir, cemas
  • Membuka jarak dengan orang lain
  • Sering mengeluh; masalah persamaan
  • Melihat orang dewasa secara tidak konsisten & sebagai kontrol
  • Kritis
  • Sering marah dan berubah-ubah emosinya
  • individualistik
Bahasa
  • Menggunakan kata-kata bersifat deskrpsi
  • Senang bermain dalam kata dan bahasa serta informasi
  • Bahasa seperti bayi kadang muncul kembali
  • Menggunakan kata-kata yang melebih-lebikan
  • Saat banyak menggunakan kata-kata negatif seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
  • Senang bercanda yang sifatnya jorok
  • Mencampuradukan bahasa ketika bicara
Kognisi
  • Senang menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri
  • Mulai mengenal dunia yg lebih luas
  • Sedikit berimajiasi
  • Rasa ingin tahu secara intelektual
  • Mampu beradaptasi dengan beberapa kodisi yang dia hadapi
  • Bermasalah dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, periode waktu dan ruang

Ciri-ciri perkembangan anak usia 10 tahun
Fisik
  • Perkembangan otot besar
  • Sangat membutuhkan waktu di luar ruangan dan tantangan fisik
  • Tulisan tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 th)
  • Makanan ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
Bahasa
  • Pendengar yang baik
  • Banyak membaca
  • Ekspresif, suka menjelaskan, aktif berbicara
  • Berkerjasama dan bersaing
  • Bersahabat, bergembira
Kognisi
  • Daya ingat cukup produktif
  • Kemampuan pada hal yang abstrak mulai meningkat
  • Menyukai aturan dan hal-hal yang masuk akal
  • Mengklasifikasi dan mengumpulkan hal-hal yang disukai , suka menyusun
  • Mampu kosentrasi dgn baik, bisa membaca dalam waktu yg relatif lama
  • Menjadi orang yang mampu menyelesaiakan masalah dengan baik
  • Bangga dengan hasil akademiknya
Ciri-ciri perkembangan anak usia 11 tahun
Fisik
  • Meningkatnya nafsu makan, kegiatan dan bicara
  • Munculnya pubertas pada sebagian anak perempuan
  • Gerakan yang stabil, kurang waktu istirahat
  • Sering kena flu dan kadang infeksi telinga
  • Butuh istirahat yang cukup
  • Agak kurang menggunakan kekuatan fisik
  • Kemampuan motorik halusnya baik
Sosial
  • Peka, emosinya tidak stabil
  • Berseberangan pendapat
  • Senang berada diluar rumah
  • Selalu mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
  • Suka berargumentasi
  • Kesulitan membuat keputusan
  • Memahmai keadaan dirinya
  • Emosional
  • Mudah masuk/keluar dari kelompoknya
Bahasa
  • Senang berbcara ditelpon
  • Selalu menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
  • Bicara kasar
  • Suka berargumen, pendebat ulung
  • Appresiatif terhadap humor
  • Mengadopsi bahasa orang dewasa
Kognisi
  • Suka tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
  • Dapat berfikir abstrak
  • Mahir memberikan alasan
  • Dapat membaangun dan memodifikasi aturan
  • Memusatkan perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
  • Suka berargumentasi
Ciri-ciri perkembangan anak usia 12 tahun
Fisik
  • Energi tinggi
  • Butuh banyak istirahat
  • Dorongan pertumbuhan, tanda pubertas
  • Makan itu sangat dipentingkan (snack pagi di sekolah)
  • Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
Sosial
  • Mulai tampak kepribadian orang dewasa
  • Dapat memberikan alasan yang lebih masuk akal
  • Antusias dan tidak malu-malu
  • Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
  • Empati
  • Peduli pada dirinya dan sangat pengertian
  • Dapat membuat tujuan yang nyata dalam waktu singkat
  • Muncul rasa aman terhadap dirinya
  • Teman sebaya lebih pentig dari pada guru
Bahasa
  • Muncul kekasaran (sarkasme)
  • Memiliki makna ganda, bermain kata-kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
  • Asyik ngobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya
  • Bahasa “gaul”
Kognisi
  • Kemampuan memahami hal yang abstrak meningkat
  • Muncul kemampuan pada ketrampilan / area tertentu
  • Dapat dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen
  • Sangat tertarik pada hal-hal baru politik, keadilan sosial
  • Meneiliti dan mempelajari ketrampilan sebelumnnya dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian.

0 komentar:

Posting Komentar