Senin, 10 Oktober 2016

METODE/CARA MENGAJARI ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN SEJAK USIA DINI


Menghafal Al-Qur’an, Sebagai seorang muslim anda berhak tahu untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat kali ini. Al-Qur’an sebagai kitab suci agama Islam, sebagai muslim alangkah baiknya kita baca, amalkan dan kita hafalkan agar dapat memperoleh mukzijatnya kelak esok nanti. Memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menghafal dan memahami setiap kandungan yang terdapat Al-Qur’an. Apalagi jika seseorang yang sudah tua dan baru belajar membaca dan menghafal, pasti akan ke sulitan dalam mempelajarinya.
Akan tetapi hal tersebut mungkin bisa terjadi secara tiba-tiba, niat, ke-istiqomahan dalam mempelajari Al-Qur’an juga dapat mempengaruhiproses belajar Al-Qur’an akan semakin cepat dapat memahami dan membaca. Itu semua tergantung dengan niatan anda masing-masing.
Alangkah lebih baiknya jika anda yang memiliki seorang anak dengan usia yang masih kecil, segera mengajarkan anak anda untuk membaca, menghafal dan memahami Al-Quran sejak dini agar menjadi seorang hafidz yang dapat menghafal dan mengamalkan semua isi kandungan dalam Al-Qur’an. Bagaimana caranya? simak berikut ini tahap-tahapan dalam mengajari anak menghafal Al-Qur’an sejak usia dini :
1. BAYI (0-2 TAHUN) – Bacakan Al Qur’an dari surat Al fatihah
– Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
– Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
– Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan cara yang sama
– Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1×2
2. DIATAS 2 TAHUN – Metode sama dengan teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya,dari 5 hari menjadi 7 hari
– Sering didengarkan murattal/
3. DIATAS 4 TAHUN – Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius
– Ajari muraja’ah/mengulang-ulang sendiri
– Ajari menghafal sendiri
– Selalu dimotivasi supaya semangat selalu terjaga
– Waktu menghafal 3-4x perhari
Allaahummaj’alna fii ahli Qur’an , Allaahumma baarik fi auladina wa dzurriiyatina bil Qur’an, Allaahummarzuqna istiqomah fi tilawatil wa hifzil Qur’an..Aamiin Allaahumma Aamiin ”Yaa Allah, jadikan kami sebagai ahlulQur’an, Yaa Allah, berkahilah anak & keturunan kami dengan Qur’an, Yaa Allah, berikanlah kami keistiqomahan dlm membaca & menghafal Al-Qur’an… Yaa Allah, kabulkanlah doa dan permohonan kami.. Aamiin
.

0 komentar:

Posting Komentar