Selasa, 25 Oktober 2016

10 Psikologi Anak SD Secara Baik Maupun Buruk Yang Anda Harus Ketahui





Setelah anak anda melewati masa-masa Taman Kanak-kanak (TK) tentunya anak anda memasuki masa sekolah dasar (SD). Pastinya anak anda bertemu dengan teman, guru, orang lain yang baru di lingkungan sekitar. Namun sayanganya sebagian anak SD biasa belum bisa mengadaptasi secara langsung, takut, tidak berani, dan lain-lain yang bisa mempengaruhi psikologi yang buruk baginya. Berikut adalah 10 psikologi anak sd secara baik maupun buruk yang anda harus ketahui, silahkan menyimak pembahasan ini yah Nuqtoh Fams:
  • Psikologi Anak SD Secara Baik

Berikut adalah beberapa psikologi anak sd secara baik yang anak anda harus pertahankan dan ditingkatkan



1. Selalu Bergembira

Pada umumnya dunia anak SD itu selalu bergembira maka itu bergembiralah dengan suka hati di setiap harinya


2. Selalu Ingin Bertemu Dengan Orang Baru

Salah satu karakteristik ini sangat baik bagi anak anda tidak mengenal rasa pemalu dan selalu ingin bertemu dengan orang baru dan berkenalan. Namun jangan sampai mengganggu orang yang di ajak kenalan yah, tetap jaga sopan santun


3. Selalu Aktif Bertanya

Misalnya bertanya “Pak atau Ibu guru, bagaimana proses pembentukan awan?”. Anak anda selalu bertanya kepada guru, orang tua, dan orang lain. Berdampak sangat baik bagi anak anda, rasa ingin tahu untuk memperluas wawasan, dan melatih komunikasi antara guru, orang tua, orang lain, dan anak anda sendiri.
Kami mengharapkan setelah anak anda bertanya, lalu dipraktikkan yah. Jangan sekedar bertanya namun tidak dipraktikkan.


4. Selalu Bermain

Untuk melatih kecerdasan, motorik bila didapatkan dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain. Maka itu biarkanlah dia bermain sesukanya dengan pengawasan dari jauh.


5. Ayo Buat Belajar Kelompok

Di ruangan atau luar kelas anda sebagai guru menyuruh anak SD membentuk suatu kelompok yang bertujuan untuk melatih kerja sama, selalu berkomunikasi antar teman sekelompok. Kegiatan ini bisa dilakukan tidak sekedar di lingkungan sekolah dasar saja, bisa melakukan membuat belajar kelompok dengan kakak, adik, bahkan orang tua pun bisa dilibatkan.
  • Psikologi Anak SD Secara Buruk

Di bawah ini beberapa psikologi anak SD secara buruk yang anak anda harus dihindari, antara lain:


1. Anak Nakal (Hiperaktif)

Untuk mengatasi anak hiperaktif di lingkungan rumah sebaiknya anda harus membaca artikel di sini.


2. Minder

Anda sebagai orang tua harus berkata “Minder itu tidak di sayang Allah SWT” secara tegas, pastinya anak anda tidak minder lagi. Apabila masih minder, cobalah putarkan video motivasi, atau membaca artikel berkaitan semangat agar anak anda selalu berpikir tentang masa depan yang indah.


3. Pendiam

Anak anda pendiam solusinya adalah anda atau guru, bahkan teman dekatnya ajaklah dia untuk selalu berkomunikasi agar melatih kelancaran dalam berkomunikasinya.


4. Dendam Dengan Teman

Ketika terdapat insiden yang membuat dia sangat dendam dengan temannya, lebih baik damai dan selalu menjaga silahturami. Kami sangat yakin anak anda masih membutuhkan teman untuk bekerjasama dan menjadi sahabat yang baik.

5. Malas Belajar

Bagaimana mengatasi malas belajar kami menyarankan untuk membaca artikel di sini
Mungkin itu saja  10 psikologi anak sd secara baik maupun buruk yang anda harus ketahui dari kami. Kami menyarankan untuk selalu memantau perkembangan psikologi anak kesayangan anda yah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar