Senin, 12 September 2016

Ini 5 Cara yang Diajarkan Alquran untuk Jadikan Anak Cerdas

Anak yang cerdas pasti menjadi dambaan Sahabat Abi Ummi kan? Anak jadi cerdas bukan hanya karena faktor keturunan, lo. Banyak hal yang bisa jadi faktor, salah satunya dengan mengasah kecerdasan mereka sejak kecil bahkan ketika masih dalam kandungan. Kabar gembiranya, Alquran sebenarnya sudah menyediakan formula untuk menjadikan anak-anak kita cerdas. Mari kita simak cara agar anak cerdas seperti yang Alquran ajarkan berikut ini.
1. Bacakan Alquran dan Perbanyak Berdoa ketika dalam Kandungan
Agar anak cerdas, salah satunya dengan memperbanyak membaca Alquran dan berdoa saat mengandung. Tidak hanya Ummi saja, tapi Abi juga ikut banyak membaca Alquran dan banyak berdoa. Berdoa supaya Allah Swt. menganugerahkan anak cerdas dan taat kepada Allah dan orang tua. Ini dicontohkan oleh Ibu Siti Maryam yang berdoa untuk keturunannya yang kemudian menjadi nabi, yaitu Nabi Isa. Doanya seperti berikut.
“Maka, tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata, ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkan anak perempuan dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidak seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada Engkau daripada setan yang terkutuk,'” (Q.S. al-Imran: 36).
2. Berikan ASI Eksklusif sampai Umur 2 Tahun
“Dan, ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna …,” (Q.S. al-Baqarah: 233).
Sahabat Abi Ummi pasti sudah tahu bahwa kandungan dalam ASI jauh lebih baik dari susu formula, kan? Oleh karena itu, agar anak cerdas, usahakan jangan mengganti ASI dengan susu formula, ya. Beri bayi kita ASI eksklusif sampai usia 2 tahun.

3. Ajari tentang Tauhid dan Ibadah


Ajari anak mengenal Allah Swt. bahwa Dia-lah yang membuat manusia jadi cerdas. Ajari mereka ibadah dan mendekatkan diri ke Sang Pemilik dan Penguasa alam raya ini, seperti yang Allah Swt. firmankan dalam Alquran.
“Hai anakku, dirikannlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan munkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah),” (Q.S. Lukman: 17).
4. Ajari Juga Membaca
Sahabat Abi Ummi sudah tahu, dong, ayat pertama yang Allah sampaikan adalah tentang membaca. Perintah ini tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sejak kecil sebaiknya kita ajari mereka membaca. Jika kegemaran membaca sudah tumbuh dalam diri anak-anak dan jadi hobi, mereka tidak akan menghabiskan waktu kosong dengan hal-hal yang sia-sia.

5. Ajari Mengontrol Emosi

Sahabat Abi Ummi sepakat kan agar anak cerdas bukan hanya cerdas secara IQ saja? Anak-anak harus cerdas secara emosi juga. Bahkan, menurut penelitian, kesuksesan orang justru ditentukan oleh kecerdasan EQ, lo. Di dalam Alquran, banyak sekali ajaran untuk mengontrol berbagai emosi, misalnya belajar untuk bersabar, bersyukur, berkata jujur, dan disiplin yang bisa mengasah emosi anak.
Lihat, agar anak cerdas, bukan hanya faktor keturunan, kan? Namun, faktor penting lainnya adalah cara Sahabat Yayasan Al Mawaddah Rempoa mampu mengajari si kecil hingga ia bisa menjadi anak yang cerdas, anak-anak yang juga mempunyai spiritual yang baik. Semoga 5 cara agar anak cerdas seperti yang terdapat dalam Alquran bisa kita coba praktikkan. Semoga Allah juga menganugerahi kita anak-anak yang cerdas.Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar